Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Antoni Widodo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496

Keywords:

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP IT Insan Harapan Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Informan  penelitian meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru, dan Peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gerakan Literasi Sekolah belum dilakukan dengan rutin. Upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mendukung Gerakan Literasi 1) Menyediakan buku bacaan yang beragam 2) Membuat kegiatan 2 jam membaca di hari jumat 3) melaksanakan 15 menit membaca sebelum pembelajaran di mulai 4)membuat laboratorium computer (warnet sekolah). Sedangkan kendala yang dihadapi dalam melaksanakan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) 1) tidak konsisten dalam penerapan 15 menit membaca sebelum pembelajaran di mulai 2) pelaksanaan yang tidak rutin dalam menerapkan kegiatan membaca 2 jam pembelajaran setiap minggu 3) masih kurangnya sarana dan prasana perpustakaan 4) kurangnya pengawasan dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS), implementasi program Gerakan Literasi Sekolah perlu adanya dukungan dari komponen sekolah seperti pengawas, Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, K., & Bin Hassan, Z. (2014). Integrated Learning Model Cultural-Art and Character Education. International Journal for Innovation Education and Research, 2(8), 2–8.
Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas Indah. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 16(1), 24–25. https://doi.org/10.30798/makuiibf.323102
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. In SAGE Publication.
Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 22(1), 109874.
Irkhamiyati, I. (2017). Evaluasi Persiapan Perpustakaan Stikes ’Aisyiyah Yogyakarta Dalam Membangun Perpustakaan Digital. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 37. https://doi.org/10.22146/bip.26086
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Retrieved from https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf%5C
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional.
Laal, M., Laal, M., & Kermanshahi, Z. K. (2012). 21st Century Learning; Learning in Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 1696–1701. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.885
Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., & Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools: Best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 227–233. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20279
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1). https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Sujadi, Eko. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 97–108.
Sunarso, D. K. (2016). Pengaruh Minat Baca, Waktu Belajar, Sarana Prasarana Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Pkn. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12572
Suryawati, E., Suzanti, F., Suwondo, S., & Yustina, Y. (2018). The implementation of school-literacy-movement: Integrating scientific literacy, characters, and HOTS in science learning. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6876
Syaiful Sagala. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran Cetakan ke 6.
Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40. https://doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3361
Vanbela, V. T., Fuad, N., & Marini, A. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Rorotan 05 Kota Jakarta Utara. 2(2), 1–13.
Zulkarnain, Z., & Akbar, E. (2018). Implementasi Market Day Dalam Mengembangkan Entrepreneurship Anak Usia Dini Di Tkit an-Najah Kabupaten Aceh Tengah. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 391–400. https://doi.org/10.21009/jpud.122.20

Published

2020-07-24