Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras

  • Loria Wahyuni STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Nining Huriyati STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran masih kurang dalam hal menyelesaikan tugas individu. Model  pembelajaran konvensional  yang  digunakan oleh  guru  kurang sesuai dengan spesifikasi materi pelajaran,  sehingga pembelajaran  yang  dilakukan kurang memberi kesempatan seluas-luasnya bagi siswa untuk aktif mengkonstruksikan pengetahuan dan keterampilannya serta kurang mempertimbangkan hakikat gaya belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan tujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran picture  and  picture yang  diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan mengatasi masalah tersebut  di  atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.  Dimana Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIIIA, VIII B Dan VIII C yang berjumlah 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 62 siswa dengan kelas eksperimen adalah kelas VIII A dan keas control adalah VIII C. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas, kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh  model  pembelajaran picture  and  picture terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Teorema Phytagoras. Selanjutnya rekomendasi atau  saran  untuk penelitian berikutnya adalah supaya menggunakan  model  pembelajaran  picture  and  picture  disertai dengan  media  animasi  yang  bias  membuat peserta didik menjadi lebih tertarik dalam megikuti pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, S. P. N., Wayan, R. N., & Desi, T. N. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1-8.

Farida, A. F. D. (2016). Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Kemampuan Mendiskripsikan Proses Daur Air dan Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhinya Siswa Kelas V SDN Taman Kota Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi. JawaTimur: FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sipahutar, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Materi Pengangguran Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sibabangun. Jurnal MISI Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, (1), 105-111.

Suryabrata, S. (2010). MetodePenelitian. Jakarta: Raja Grafindo.

Taniredja, T. & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Utami, E. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Islam Terpadu Arofah 1 Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Jawa Timur: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wiranata, S. E. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Perubahan Lingkungan Fisik pada Kelas IV SDN 80/I Muara Bulian. Skripsi. Jambi: FKIP Unja.
Published
2020-12-09
How to Cite
WAHYUNI, Loria; HURIYATI, Nining. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 154-159, dec. 2020. ISSN 2615-6547. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/678>. Date accessed: 19 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.678.