Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Profesionalisme Guru terhadap Manajemen Penilaian Pembelajaran PAI SMP Negeri di Kabupaten Wonosobo
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan profesionalisme Guru Terhadap Manajemen Penilaian Pembelajaran Pendidikan agama Islam SMP Negeri di kabupaten Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah guru agama Islam SMP Negeri di kabupaten Wonosobo yang berjumlah 107 orang. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 40 guru yang ditentukan dengan cara random sampling secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengungkapkan variabel latar belakang pendidikan, profesionalisme guru dan manajemen penilaian pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan profesionalisme guru terhadap manajemen penilaian pembelajaran menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier, dapat disimpulkan bahwa: (1) 29 atau 72,5% guru agama memiliki latar belakang pendidikan agama Islam pada kategori sesuai signifikansi 0,018 sumbangan efektifitas sebesar 12,4%. 2) Profesionalisme guru agama SMP Negeri di kabupaten Wonosobo 28 atau 70% bernilai signifikansi 0,000 sumbangan efektif sebesar 62,7 %. (3) Manajemen penilaian pembelajaran 31 atau 77,5% sangat baik (4)Terdapat pengaruh antara latar belakang pendidikan dan profesionalisme guru terhadap manajemen penilaian pembelajaran agama Islam, dengan nilai signifikansi 0,000 secara bersama berpengaruh 75,1%.
Downloads
References
Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. (2011). Guru professional Implementasi KTSP dan Sukses Sertifikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2019). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. (2018). Manajemen Penilaian Pembelajaran Menggunakan K13, Journal of Islamic Education, Alhayat.or.id.
Permendikbud Nomor 23 Tahun (2016). Standar Penilaian Pendidikan Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 tentang Standar Sarana Prasarana.
Samadi. (2017). Latar Belakang Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Kompetensi Guru Geografi Di DKI Jakarta, Jurnal Spatial - Wahana Komunikasi Dan Informasi Geografi, Volume 17 Nomor 1.
Sardiman A.M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.
Sigit Purnama (2021). Pengembangan Profesi Guru PAUD. Bandung, PT Remaja Rosdakarya,
Slameto. (1998). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Soetjipto. (2018). Profesi Keguruan. Jakarta, Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sumiati. (2011). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Tilaar, HAR. (1990). Pendidikan dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI. Jakarta: Balai Pustaka.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Usman Moh Uzer. (2017) Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yani, A., Pohan, M. M., Yani, Y. A., & Hayat, A. P. (2023). Work Discipline of Staff in Information Technology and Data Base Units. International Journal of Social Science and Business, 7(3).
Wibowo Agus. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Wiyani Novan Ardy. (2013). Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.