Manajemen Pemasaran Pendidikan Nonformal: Studi Kasus di Desa Bahasa Borobudur
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana Manajemen Pemasaran Pendidikan Nonformal di Desa Bahasa Borobudur. Jenis penelitian yang akan dilakukan untuk meneliti strategi pemasaran jasa pendidikan ialah dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Yang menjadi subjek penelitian, yaitu: pendiri desa bahasa, direktur utama, dan staf desa Bahasa Borobudur. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari tiga alur yang bersamaan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Uji keabsahan data memfokuskan terhadap trigulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Desa Bahasa Borobudur secara tidak langsung menggunakan bauran pemasaran (marketting mix). Produk yang ditawarkan adalah program reguler yang meliputi level 1, level 2 dan level 3, program eduwisata yang meliputi 6 hari, dan Magic English Program. Faktor pendukung di desa Bahasa Borobudur berupa fasilitas yang dimiliki lumayan lengkap, garansi mengulang, sumber daya alam sekitar dan metode pembelajaran yang ditawarkan. Faktor penghambat di desa Bahasa Borobudur yaitu kurangnya dukungan dari pemerintah, kurangnya ruang kelas, dan kurangnya tenaga pengajar.
Downloads
References
Abdulhak, I., & Suprayogi, U. (2013). Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Alma, B., & Hurriyati, R. (2009). Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atika, A., & Machali, I. (2016). Segmentasi dan Positioning Jasa Pendidikan di MAN Yogyakarta III. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 153–168. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-01
Bandur, A. (2016). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain dan Teknik Analisis Data dengan NVivo 11 Plus. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Creswell, J. W. (2016). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini & Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. (2016). Sistem Informasi Eksekutif LPK Jawa Tengah. www.infokursus.net/stat.php
Januarizal, R. (2016). Organisasi Profit dan Organisasi Non Profit. http://dephumsflow.blogspot.co.id/2011/09/organisasi-profit-dan-organisasi-non.html
Leavy, P. (2017). Reserach Design Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.
Machali, I. (2012). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) untuk Peningkatan Mutu di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.
Machali, I., & Hidayat, A. (2016). The HandBook of Education Manajemen: Teori dan Praktik Pengelolaan Madrasah/Sekolah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia.
Meleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah. (1991). Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta.
Purba, S., Subakti, H., Hasan, M., Handican, R., Pratiwi, I. I., Sari, M., Simanjuntak, M., Pohan, M. M., Arhesa, S., & Yustita, A. D. (2023). Politik dan Pemasaran Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Salamun, S., Subakti, H., Simarmata, N. I. P., Purwanti, E., Pratiwi, I. I., Pohan, M. M., Anwar, K., Zebua, A. M., Kunusa, W. R., & Tasrim, I. W. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sitompul, R. S., Widyastuti, A., Pohan, M. M., Sari, M., Sari, I. N., Subakti, H., Salamun, S., Mulyani, S., Astuti, Y., & Astari, W. (2023). Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono, P. D. (2016). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Yani, A., Ditama, R. A., & Pohan, M. M. (2021). Peningkatan Mutu Layanan Melalui Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 8(2), 170–179.