Manajemen Materi Pendidikan Dalam Perspektif Hadits
Abstract Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pentingnya manajemen dalam mengembangkan materi pendidikan Islam di Indonesia sesuai dengan perspektif hadits di dalam pendidikan, dan materi ini juga dilandasi pendidikan agama Islam, yang mana materi pendidikan ini dipaparkan dalam perspektif hadits dan materi pendidikan ini juga sudah disusun sedemikian rupa agar dapat diajarkan kepada anak didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan library research, yang menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan cara mengkaji sebuah buku, jurnal, dan juga sumber data yang sangat relevan. Hasil dari penelitian ini ialah Al-Qur’an dan juga As-Sunnah yaitu salah satu sumber yang dijadikan materi pelajaran di dalam pendidikan Islam. Dan juga materi pelajaran ini dijadikan suatu acuan semangat belajar agama Islam agar mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan di dalam pendidikan Islam dengan terbentuknya suatu keseimbangan pada setiap diri siswa secara menyeluruh dengan melakukan suatu pelatihan seperti jiwa, intelektual, dan juga panca inderanya. Materi pendidikan Islam seharusnya mencakup seluruh aspek perkembangan fitrahnya para siswa, aspek spiritual, intelektual, imajinasi, fisik, ilmiah dan bahasa. Hadis-hadis Nabi ini juga memberikan kita suatu pelajaran dalam materi pendidikan Islam ini sendiri seperti, materi Akidah, Akhlak dan juga ibadah agar setiap ummatnya belajar menyeimbangkan semua kebutuhannya di dalam pendidikannya sesuai dengan hadits tersebut yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, dan juga sesuai dengan Syari’at Islam.
Downloads
References
Anugerah, Ruri Liana, Ahmad Asrin, Faisal Musa, A. A. T. (2019). Islam, Iman dan Ihsan dalam kitab Matan Arba’in An-nawawi ( studi Materi Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadis Nabi SAW. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 9(2), 29–44.
Didin Kurniadin, M. (2014). Manajemen pendidikan (Konsep dan Prinsip Pengelolaan pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Hanipudin, S. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan: Journal of Islam and Muslim Society.
Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2013). Manajemen pendidikan: konsep & prinsip pengelolaan pendidikan. Senayan.iain-palangkaraya.ac.id.
Kurniawan, S. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Nur El-Islam.
Ma’ruf, M. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Dalam Al-Quran Dan hadis. Didaktika Religia.
Maulida, A. (2017). Kurikulum Pendidikan Akhlak Keluarga Dan Masyarakat Dalam Hadits Nabawi. Edukasi Islami:Jurnal Pendidikan Islam, 3(06), 723–63.
Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif. books.google.com.
Muvid, M B. (2020). Konsep Pendidikan Agama Islam dalam Tinjauan Hadist (Study Analisis tentang Hadist-Hadist Pendidikan. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4.
Nata, D. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. books.google.com.
Nurlizam. (2013). Hadis-Hadis Tanawu’ Al-ibadah (Kajian tentang Berbagai Cara Pelaksanaan Ibadah Shalat dalam Perspektif Hadis Nabi Muhammad Saw. Al-Hurriyah, 14(1), 105–19.
Pananrangi, H. A. R., & SH, M. P. (2017). Manajemen Pendidikan. books.google.com.
Peliza, R., & Pohan, M. M. (2022). Online Learning: Problems Experienced by Students in Educational Supervision Courses. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3491–3498.
Pohan, M. M. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dan Pemimpin Pendidikan. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 2(1), 82–91.
Pohan, M. M. (2020). Re-Evaluation Curriculum and Implementation: Case Study in MTsS PTP-VI Berangir. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(10), 843–846. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i10.3306
Pohan, M., & Pohan, M. M. (2022). Increasing English Learning Outcomes Through Problem-Based Learning (PBL) Model. Exposure: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 11(2), 351–362.
Muhaimin, M. D. (2009). Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan rencana pengembangan sekolah/madrasah. Kencana.
R, G. Nasrullah Kartika Mayangsari. (2017). Pendidikan Aqidah dalam Perspektif Hadist. Transformatif, 1(1), 48.
Siddik, H. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Islam. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan.
Subaidi. (2014). Konsep Pendidikan Islam Dengan Pradigma Humanis. Jurnal Tarbawi, 11(2).
Syamsul, A. (2021). Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist tentang materi pendidikan islam. Tamaddun : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Agama, 22(N(1)1-2), 1–3.
Umar, B. (2015). Hadis Tarbawi (Pendidikan dalam Perspektif Hadist. Amzah.
Zubaidi. (2013). Konsep Pendidikan Akhlak. Tarbawi, 10(2).