Implementasi Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SMA Al-Ihsan Cimencrang
Abstract Penelitian ini mengeksplorasi konsep dan implementasi manajemen risiko dalam konteks pendidikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa di SMA Al-Ihsan IBS Cimencrang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Ihsan Cimencrang Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen risiko di SMA Al-Ihsan Cimencrang dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan produktif. Hal itu ditandai dengan lebih kondusif nya penggunaan sarana dan prasana sekolah dalam kegiatan pembelajaran, terorganisirnya para siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan efektivitas para guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan mengidentifikasi risiko yang mungkin terjadi dalam proses belajar, sekolah dapat merencanakan tindakan mitigasi yang tepat dan mengembangkan keterampilan adaptasi yang diperlukan untuk siswa dapat mengoptimalkan potensi mereka, mengatasi tantangan dalam belajar, dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi manajemen risiko di SMA Al-Ihsan IBS Cimincrang dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran sudah berjalan dengan optimal dibuktikan dengan adanya strategi yang diterapkan sehingga hasil pembelajaran siswa lebih memuaskan dengan adanya kegiatan pembelajaran yang efektif. Namun, kegiatan pengelolaan manajemen risiko di SMA Al-Ihsan Cimencrang ini belum menyeluruh dalam pelaksanaan nya, karena hanya Kepala Sekolah dan beberapa bagian yang terlibat dalam kegiatan pengelolaan manajemen risiko ini. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya integrasi dan implementasi manajemen risiko dalam strategi pendidikan untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa di sebuah lembaga pendidikan.
Downloads
References
Andiawati, Etty., (2017). Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan/Sekolah. Jurnal FKIP, vol. 3, no. 1.
Andiawati, E. (2017). Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan/Sekolah. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, (Vol. 3, No. 1).
Bafadal, Ibrahim. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10 (2), 351-370.
Daryanto, H.M. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Ellong, T. A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra', 11(1).
Fitriyah, Riskha. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Prosiding Sendi, hal. 360.
Imron, A. (2016). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Masruri, M., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Pengelolaan Keuangan Dalam Mempertahankan Kualitas Pondok Pesantren Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 644-657.
Moelong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1).
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sa’adullah, A., & Hidayatullah, M. F. (2022). Design of Improving The Quality of Human Resources Based on Islamic In Anak Saleh Foundation , Malang City. Nazhruna: JurnalPendidikan Islam.
Soetjipto, Raflis Kosasi. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58-64.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suyitno, S. (2022). Implementasi Manajemen Resiko dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 141-153.
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58-64.
Spichak, I. V., Kucheryavenko, S. A., Polevoy, I. N., & Nazarova, A. N. (2020). Implementation Of Risk Management In The Quality Management System Of An Educational Organization. 9. International Journal of Management, 11(06).
Undang-Undang RI No. 14 Tahun (2005). Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.