MANAJEMEN STRATEGIS (STUDI TENTANG UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SEBUKAR)

Authors

  • Saaduddin Saaduddin IAIN Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i2.2495

Keywords:

Manajemen Strategis, Mutu Lulusan, Madrasah Aliyah

Abstract

Ketatnya persaingan dalam lapangan kerja sekarang ini menuntut lulusan dari lembaga pendidikan yang bermutu pendidikan Islam sebagai agen perubahan sosial masyarakat. Indonesia dituntut untuk mampu memainkan perannya secara dinamis dan proaktif dalam setiap zaman. Harapan tersebut tidaklah mudah untuk diwujudkan, hingga pendidikan Islam di Indonesia sering berhadapan dengan berbagai problematika yang tidak ringan. Penelitian ini dirancang melalui pendekatan kualitatif untuk melakukan studi deskriptif dan explorative dengan jenis penelitiannya adalah studi kasus pendekatan fenomenologis naturalistik. Penetapan subjek yang ditetapkan dalam penelitian ini dengan teknik purposive atau sampel bertujuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan terlibat (participant observation), wawancara mendalam (indept interview), serta dokumentasi. Dalam analisis data penelitian ini penelitian menggunakan langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif berikut: 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian perencanaan strategis dalam upaya peningkatan mutu lulusan yang dikaji melalui aspek proses perencanaan strategis yang meliputi peramalan dan pemprograman; pelibatan; dan pengambilan keputusan, faktor yang dipertimbangkan dalam proses pengimplementasian perencanaan strategis dalam upaya peningkatan mutu lulusan di MAN Sebukar, meliputi: (a)peraturan pemerintah; (b) standar mutu sebagai acuan madrasah; (c) tekanan perubahan masyarakat; (d) ketegangan antara berbagai macam pemenuhan kebutuhan yang satu dengan yang lain, baik dana, sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, M. (2008). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Ahmad, M. (2011). Peran Strategis Manajer dalam Manajemen SDM. Jurnal. Dosen FEB Universitas Gorontalo, 1(2), 169–177.

Efferi, A. (2015). Model pendidikan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. QUALITY, 3(2), 237–256.

Khori, A. (2016). Manajemen strategik dan mutu pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 75–99.

Mugiarto, M. (2015). Tipologi pemikiran pendidikan Islam: Studi pemikiran Imam Suprayogo dan Azyumardi Azra. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mulkhan, A. M. (2002). Dilema Islamic Studies, Dilema Pendidikan Islam. El-Tarbawi, 109–128.

Murniati, A. R., & Usman, N. (2009). Implementasi manajemen stratejik dalam pemberdayaan sekolah menengah kejuruan. Perdana Publishing.

Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan profesi guru (PPG): Strategi pengembangan profesionalitas guru dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Makalah Prosiding Seminar Nasional, 9(1), 671–683.

Rajagukguk, B. (2009). Paradigma Baru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Tabularasa, 6(1), 77–86.

Rifa’i, H. M., & Fadhli, M. (2013). Manajemen organisasi. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Setiawan, B. A. (2013). Transformational leadership: Ilustrasi di bidang organisasi pendidikan. Bahar Agus Setiawan.

Shofan, M. (2004). Pendidikan Berparadigma Profetik, Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam. ircisod.

Sulistyorini, H. (2006). Tingkat Keterbacaan teks dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Semarang: Unpublished Thesis.

Wijaya, C., & Rifa’i, M. (2016). Dasar-Dasar Manajemen mengoptimalkan pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien. Perdana Publishing.

Downloads

Published

2018-12-10