BAURAN PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PT. BANK RAKYAT INDONESIA DI KOTA SUNGAI PENUH

Authors

  • Zefri Efdison STIE Sakti Alam Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.32939/dhb.v4i2.2890

Keywords:

Marketing Mix, Keputusan Menabung, Produk Bank, Lokasi, Promosi, Bukti Fisik

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah variabel produk, lokasi, promosi, dan bukti fisik berpengaruh terhadap keputusan masyarakat untuk memilih produk PT. BRI Kota Sungai Penuh. Desain/Metodologi/ Pendekatan Penelitian: Jenis penelitian ini yaitu kausalitas dengan jenis data kuantitatif yaitu berupa angka. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 250 orang nasabah PT. BRI di Kota Sungai Penuh. Data diolah dengan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil Penelitian: Hasil pengujian secara statistik menemukan bahwa produk, lokasi, promosi, dan bukti fisik terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk memilih produk PT. BRI Kota Sungai Penuh, dengan besarnya pengaruh tersebut yaitu 62,1%. Implikasi Hasil Penelitian: Dengan hasil ini, maka BRI dapat memprioritaskan variabel penting dalam melakukan promosi yaitu dengan menurunkan karyawan yang memiliki komunikasi dan penampilan yang baik, begitupula dengan memberikan bukti fisik dalam pelayanan dan promosi, serta lokasi kantor yang strategis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, & Hermawan, R. (2023). PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI PT BPR LPN TARANTANG DHARMASRAYA. JURNAL ECONOMINA, 2(3).

Ariska, A. D. (2020). PENGARUH PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH TABUNGAN. AmaNU: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 3(2).

Bustami, A. W., Helfenta, H., Zulkarnain, I., & Sarmigi, E. (2022). PENGARUH LAMA USAHA DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP KEPUTUSAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MENGAMBIL KREDIT DI PERBANKAN (Studi Kecamatan Hamparan Rawang). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(2), 181-188. doi:https://doi.org/10.31846/jae.v10i2.456

Bustami, Y., Sarmigi, E., & Mikola, A. (2021). Analisis perbandingan profitabilitas bank umum Syariah sebelum dan selama pandemi Covid-19. Al Fiddoh Islamic Bank Journal, 2(1), 28-36.

Dwijayanto, A. (2020). Pengaruh Bauran 8P Terhadap Keputusan Pembelian Coffee Shop. 7(2).

Fahrudin., M. F. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking, 5(1), 149–162.

Iffan, M., Santy, R., & Radiaswara, R. (2018). PENGARUH PROSES DAN BUKTI FISIK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL SANTIKA BANDUNG. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(2).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15 ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 63–84.

Mahmud, A., & Nurmiati, N. (2022). Marketing Mix: Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Simpeda Pada Bank Sulselbar. Laa Maisyir, 9(2), 1-16.

Mahmud, A., & Nurmiati. (2022). Marketing Mix: Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Simpeda Pada Bank Sulselbar. Laa maisyir.

Musa. (2020). Determinan Keputusan Menjadi Nasabah Jual Beli Valas(Al-Sharf)di Bank Syariah. Al- Tijary : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(2).

Ningtias, K. N., & Soemarso, E. D. (2019). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENABUNG BRITAMA PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk CABANG PEMBANTU PURI ANJASMORO SEMARANG. keunis Majalah Ilmiah, 7(1).

Nugroho, R. A., Lubis, N., & Prihartini, A. (2014). Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Tabungan Simpedes Di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Semarang Pattimura. Journal article // Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip.

Sari, D. K. (2015). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Jasa Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung Tabungan Prama Di Bankaltim Cabang Utama Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 1-13.

Sarmigi, E., & Parasmala, E. (2021). Pengaruh fasilitas, lokasi, dan harga terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata bukit khayangan kota sungai penuh. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 2(2), 93-105. doi:https://doi.org/10.32939/dhb.v2i2.946

Sarmigi, E., Putra, E., Bustami, Y., & Parasmala, E. (2022). Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah. Indramayu: Penerbit Adab.

Sarmigi, E., Syukrawati, S., Azhar, A., Desiana, D., & Ramadani, D. F. (2023). Analysis of the Management of Interest-Free Loans by the National Amil Zakat Agency for the City of Sungai Full for the Development of Micro, Small, and Medium Enterprises. Jurnal I-Philanthropy: A Research Journal On Management Of Zakat and Waqf, 3(1), 46-55. doi:https://doi.org/10.19109/iphi.v3i1.17153

Sinaga, A., Alam, A. P., Harahap, M. A., Agustina, M., & Wirdany, W. (2020). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung pada PT Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Stabat. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(2).

Sujono, R. I., & Wibowo, F. W. (2020). Marketing Mix dan Tingkat Margin dalam Pengambilan Keputusan Pembiayaan pada Nasabah Bank Syariah. El Dinar: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 8(1). doi:DOI: https://doi.org/10.18860/ed.v8i.74

Sukma, C. G., Hadi, A., & Hartini, T. (2023). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Al-Buhuts, 19(1).

Sumanti, E., Amri, F., & Sarmigi, E. (2022). ANALISIS KOMPARASI PROFITABILITAS PT. BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH, TBK SEBELUM DAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 3(2), 115-128. doi:https://doi.org/10.32939/fdh.v3i2.1518

Sunarsih, U., & Wijayantie, M. (2021). Penentuan Keputusan Mahasiswa Untuk Menabung di Perbankan Syariah. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM), 18(2).

Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. MUQTASID Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(2).

Wijayanti, I. M. (2019). Peran Konsumen Dalam Menciptakan Hubungan Islami. Amwaluna: Buku Ekonomi dan Keuangan Islam.

Zeithaml, V. A., Bitner, M., & Gremler, D. (2006). Services Marketing. Integrating Customer Focus Across the Firm. Singapore: McGrawHill.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Efdison, Zefri. “BAURAN PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PT. BANK RAKYAT INDONESIA DI KOTA SUNGAI PENUH”. Al Dzahab 4, no. 2 (September 1, 2023): 143–154. Accessed December 7, 2024. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-dzahab/article/view/2890.