KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DITINJAU DARI PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK
Studi Kasus Pada Toko Bangunan Berkah Desa Lempur Danau
DOI:
https://doi.org/10.32939/dhb.v4i2.2429Keywords:
Keputusan Pembelian, Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas ProdukAbstract Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian barang bangunan. Desain/Metodologi/Pendekatan Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausalitas. Jenis data penelitian ini yaitu data primer yang dikumpulkan dengan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 90 responden. Data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil Penelitian: Secara simultan maupun parsial Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Adapun besarnya pengaruh tersebut yaitu sebesar 52,3%, sedangkan 47,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Implikasi Hasil Penelitian: Peningkatan citra merek dan kualitas produk sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan produk tersebut, begitupun dengan persepsi harga yang baik juga akan membuat konsumen cenderung akan memutuskan untuk melakukan pembelian pada sebuah toko.
Downloads
References
Ahmad, M. (2021). PENGARUH KELAS SOSIAL, KEADAAN EKONOMI, DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA BEAT DI KOTA SUNGAI PENUH. Al-Dzahab: Journal of Economics, Management, Business, and Accounting, 2(2).
Ahmad, M., Siswadhi, F., & Sarmigi, E. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PT. BANK NAGARI. JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship, 4(1).
Aldini, Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk TerhadapKeputusan Pembelian Handphone OppoDi Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 44 - 53. doi:https://doi.org/10.52005/aktiva.v3i1.130
Baehaqi, M. A., Udayana, I. N., & Welsa, H. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk terhadap Customer Satisfaction dan Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Manajemen, 4(1), 21-33. doi:DOI: https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i1
Darmansah, A., & Yosepha, S. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1).
Dewi, A. G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Sabana Desa Waru Induk di Perumahan Grand Parung, Kabupaten Bogor)an dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Kon. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2).
Efdison, Z. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA METRO ELEKTRONIK DAN FURNITURE CASH DAN KREDIT KOTA SUNGAI PENUH. E-Journal Al-Dzahab, 2(2).
Fahrezi, A., & Sukaesih, U. (2023). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MEREK ALDO (STUDI KASUS DI PONDOK INDAH MALL JAKARTA). Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK).
Fansurizal, & Aprianti, K. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian. JURNAL MANAJEMEN, 14(2). doi:https://doi.org/10.30872/jmmn.v14i2.11210
Kotler, P. (2014). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall Published.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, H. D. (2018). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(4).
Mardiasih, T. S. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 2(1).
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). JURNAL ABIWARA, 1(2).
Nugroho, R. W., Triyani, D., & Prapti, L. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CAFE RIILFIANS AND BISTRO PATI. Majalah Ilmiah Solusi, 18(2).
Pristiawan, H. E., Mariah, & Bahasoan, S. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BAKSO GRANAT MALANG INDAH. Nobel Management Review, 3(1).
Pristiawan, H. E., Mariah, & Bahasoan, S. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BAKSO GRANAT MALANG INDAH. Nobel Management Review, 3(1).
Sarmigi, E., & Parasmala, E. (2021). Pengaruh fasilitas, lokasi, dan harga terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata bukit khayangan kota sungai penuh. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 2(2). doi:https://doi.org/10.32939/dhb.v2i2.946
Sarmigi, E., & Parasmala, E. (2021). PENGARUH FASILITAS, LOKASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA BUKIT KHAYANGAN KOTA SUNGAI PENUH. Al-Dzahab: Journal of Economics, Management, Business, and Accounting, 2(2). doi:https://doi.org/10.32939/dhb.v2i2.946
Sarmigi, E., Angela, L., & Tiara. (2022). PENGARUH PELATIHAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PEGADAIAN KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 25(1).
Sarmigi, E., Satria, E., Syukrawati, & Desiana. (2023). PENGARUH FASILITAS DAN INTELEKTUALITAS TERHADAPKINERJA KARYAWAN PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT PEMBANGUNAN KERINCI. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 4(1). doi:https://doi.org/10.32939/fdh.v4i1.1133
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Sukron, A., Fasochah, & Hariyanto, A. (2021). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Dharma Ekonomi, 28(54).
Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). . Yogyakarta: CAPS (Center for Academic).
Swastha, B., & Sukotjo, I. (2010). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Liberti.
Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.