Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTsS PTP-VI Berangir

  • Nila Yustika MTsS PTP-VI Berangir Sumatera Utara
  • Lidya Utami Harahap MTsS PTP-VI Berangir Sumatera Utara
  • Minarsi Minarsi MTsS PTP-VI Berangir Sumatera Utara
Keywords: Implementasi, Manajemen, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana manajemen peserta didik di MTsS PTP-VI Berangir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsS PTP-VI Berangir Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Informan pada riset ini terdiri Kepala Madrasah, PKM bidang Kesiswaan, dan lima orang guru tetap yayasan. Penentuan informan berdasarkan purposive sampling. Data primer bersumber pada wawancara dan observasi langsung tentang manajemen peserta didik di MTsS PTP-VI Berangir. Data sekunder umumnya dalam bentuk dokumen seperti data siswa, daftar penerimaan peserta didik baru, laporan kegiatan pembina osis, daftar prestasi siswa, daftar kasus siswa, arsip-arsip, serta data aktivitas yang berlangsung yang berkaitan dengan manajemen peserta didik di MTsS PTP-VI Berangir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta verifikasi. Uji keabsahan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, serta komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen rekrutmen peserta didik baru sudah dipersiapkan dengan matang seperti melakukan promosi, menyebarkan pengumuman rekrutmen, menyiapkan formulir pendaftaran, melaksanakan seleksi, serta mempertimbangkan daya tampung peserta didik dan sarana prasarana. Manajemen pembinaan peserta didik dilaksanakan dengan beberapa strategi yang efektif untuk pencapaian tujuan pembinaan peserta didik dan juga dengan berbagai program seperti pembinaan akademik, pembinaan ekstrakurikuler, pembinaan karakter, dan pembinaan sosial. Manajemen kelulusan dan alumni sudah dilakukan dengan baik yaitu dengan membangun database alumni yang akurat dan mengarahkan alumni untuk bisa memilih sekolah lanjutan yang sesuai dan yang diinginkan oleh alumni tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfisyah, M. (2021). Manajemen Peserta Didik. Universitas Lambung Mangkurat.

Arfiariska, P. A., & Hariyati, N. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(03), 648–663.

Auliya, D. N., Fauzi, A., & Haris, A. (2022). Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di MAN 1 Jombang. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(1), 84–97. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.1.84-97

Bandur, A. (2016). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain dan Teknik Analisis Data dengan NVivo 11 Plus. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Los Angeles: Sage Pubications.

Irawan, B., & Berlian, Z. (2020). Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Palembang. Studi Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 149–164. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i2.4155

Johnson, R. B., & Christensen, L. (2014). Educational Research Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. London: Sage Publication Ltd.

Komariah, A., & Sunaengsih, C. (2016). A Model for School Management Capacity Building through Professional Learning Community in Senior High School. Proceedings of the 6th International Conference on Educational, Management, Administration and Leadership. 6th International Conference on Educational, Management, Administration and Leadership, Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icemal-16.2016.12

Muttaqin, T. (2016). Cooperative Learning and Students’ Self-esteem. Education Reform in Indonesia, 0(0), 1–38. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2357.6086

Nasrat, N., Khamosh, A., & Lavangnananda, K. (2020). Challenges and Hurdles to E-learning Implementation During COVID-19 Outbreak: A Case of Shaikh Zayed University. 2020 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Information System (ICIMCIS), 0, 242–246. https://doi.org/10.1109/ICIMCIS51567.2020.9354313

Pohan, M. M., & S, M. N. (2021). The Quality Improvement of Educator Recruitment and Selection System in Madrasa. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4(2), 137–149. https://doi.org/10.33367/ijies.v4i2.1951

Pramana, C., Chamidah, D., & Suyatno, S. (2021). Strategies to Improved Education Quality in Indonesia: A Review. Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(3), 1977–1994.

Saputra, D., Sarbini, M., & Kohar, A. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. Cendika Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(1), 63–74.

Solechan, S., & Setiawan, A. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Mutu Madrasah Di Mts Raden Rahmat Selorejo Mojowarno. Urwatul Wutqo, Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 191–202. https://doi.org/Urwatul Wutqo, Jurnal Kependidikan dan Keislaman

Surawan, S., Syabrina, M., El Bilad, C. Z., & Azmy, A. (2022). Implementation of Character Education at Madrasahs and Integrated Islamic Schools in Central Kalimantan. Ta’dib, 25(1), 19. https://doi.org/10.31958/jt.v25i1.5333

Susanto, E., & Kumar, K. S. (2022). Duties and Responsibilities of Educational Management. PPSDP International Journal of Education, 1(1), 17–42.

Trepte, S., & Reinecke, L. (Eds.). (2011). Privacy Online: Perspectives on Privacy and Self-Disclosure in the Social Web. Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-21521-6

Walker, D. I., & Thoma, S. J. (2017). Moral and Character Education. In D. I. Walker & S. J. Thoma, Oxford Research Encyclopedia of Education. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.119

Weller, N., & Barnes, J. (2014). Strategies for Social Inquiry Finding Pathways: Mixed-Method Research for Studying Causal Mechanisms. United Kingdom: Cambridge University Press.

Wisda, R. S. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik Di MTSN 12 Pesisir Selatan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 248–259. https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i2.10134

CROSSMARK
Published
2023-05-22
DIMENSIONS
How to Cite
Yustika, N., Utami Harahap, L., & Minarsi, M. (2023). Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTsS PTP-VI Berangir. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 51–60. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i1.2467