Hubungan Efikasi Diri dan Deprivasi Relatif Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Kota Sungai Penuh

  • Uldri Helta Hasana Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Gali Eksa Pratama Institut Agama Islam Negeri Kerinci
Keywords: Deprivasi Relatif, Efikasi Diri, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah yaitu kinerja guru yang belum maksimal, hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat kesadaran, dan tugas pokok sebagai seorang guru. Di antara cara menghasilkan kinerja guru yang baik adalah dengan seorang guru harus memiliki Efikasi Diri dan Deprivasi Relatif yang baik supaya sekolah tersebut mendapatkan hasil yang maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) hubungan efikasi diri terhadap kinerja guru, (2) hubungan deprivasi relatif terhadap kinerja guru, (3) hubungan efikasi diri dan deprivasi relatif terhadap kinerja guru. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang berjenis asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang disebarkan langsung ke sekolah tersebut, dan menggunakan SPSS 2022 untuk mencari hasil. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah melalui tabel Isaac dan Michael. Hasil penelitan membuktikan bahwa varibel Efikasi Diri (X1) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja guru (Y) dengan nilai T hitung 0,499 < T tabel 1,991, variabel Deprivasi Relatif berhubungan positif dan signifikan terhadap variabel kinerja guru (Y) dengan nilai T hitung 2,267 > T tabel 1,991, variabel Efikasi Diri dan Deprivasi Relatif berhubungan dan signifikan secara simultan terhadap kinerja guru dengan nilai signifikan 0,000 > 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrahams, I., Reiss, M. J., & Sharpe, R. M. (2013). The assessment of practical work in school scriece. Studies in Science Education. https://doi.org/10.1080/03057267.2013.858496.

Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan selfregulated learning pada siswa kelas VIII (Vol. 8). Universitas Ahmad Dahlan.

Aini, E. N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2(2), 83-96.

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44-60.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi krja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(02).

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faturochman, M. A. (2015). Deprivasi Relatif: Rasa Keadilan Dan Kondisi Psikologis Buruh Pabrik. Jurnal Psikologi, 25(2), 1-15.

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66-73.

Gunawan, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., & Hui, L. K. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan, kemampuan manajerial, efikasi diri, dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 126-150.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasyim, Y.N. U. (2018). Kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada SMA negerin 5 lhokseumawe. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5 (2).

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).

Kurniyawati, R. (2012). Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa

(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Latif, A., Yusuf, A. M., & Efendi, Z. M. (2017). Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan Kesipan Kerja Mahasiswa. Konselor, 6(1), 29-38.

Masnidar, Nasuition (2017). “Statistik Deskriptif” Jurnal Hikmah, 52.

Mawaddah, H. (2021). Analisis efikasi diri pada mahasiswa psikologi unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19-26.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.

Mukaffa, Z. (2018). Deprivasi Relatif Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI: kajian komperatif guru Akidah Akhlak berkualifikasi S1 dan guru tugas pasantren lulusan MA. Episteme: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 13(1), 231-262.

Noviasari, W. (2013). Perbedaan Deprivasi Relatif Fraternal antara Etnis Cina dan Etnis Jawa. Jurnal Talenta, 2(1).

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150-162.

Rorimpandey, (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi pada kinerja guru, 37

Safitri, D. P., & Masykur, A. M. (2018). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Kejuaraan Nasionalpada Atlet Tenis Lapangan Pelti Semarang. Jurnal Empati, 6(2), 98- 105.

Sandra, K. I. (2013). Manajemen waktu, efikasi-diri dan prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

Santhoso, F. H., & Hakim, M. A. (2012). Deprivasi relatif dan prasangka antar kelompok. Jurnal Psikologi, 39(1), 121-128.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.

Siagian, T. V., Erlyani, N., & Mayangsari, M.D. (2020). Hubungan Kepengikutan Dengan Deprivasi Relatif Pada Karyawan PT Arutmin Indonesia Tambang Asam-Asam. Jurnal Kognisia, 1(1), 115-122.

Sugiyono, P. D. (2016). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar berbasis e-learning pada mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 275- 283.

Susanto, H.(2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2).

Syarif, M. C. I. B., Rini, A.P., & Matulessy, A. (2022). Deprivasi Relatif, Kepercayaan Politik, dan Partisipasi Gerakan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PolGov, 4(1), 33- 66.

Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar, H. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 380-391.

Triyanto, T. (2019). Membudayakan nilai-nilai ham dalam rangka penguatan Pancasila dan Kebhinekaan. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 1- 24.

Widoyoko, S. E. P., & Rinawat, A. (2012). Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).

Wulandari, S. (2013). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1).

Yapono, F. (2013). Konsep-Diri, Kecerdasan Emosi Dan Efikasi-Diri. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 386-391.

CROSSMARK
Published
2024-05-26
DIMENSIONS
How to Cite
Hasana, U. H., & Pratama, G. E. (2024). Hubungan Efikasi Diri dan Deprivasi Relatif Terhadap Kinerja Guru di SMKN 2 Kota Sungai Penuh. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 163–175. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i1.3693