Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Daerah Terpencil (Studi Kasus di SD Negeri 209/III Masgo Jaya)

  • Afrilia Melani Putri Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Samin Samin Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Ali Marzuki Zebua Institut Agama Islam Negeri Kerinci
Keywords: Gaya, Kepala Sekolah, Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah; (2) hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam kepemimpinannya; (3) upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam menyelesaikan hambatan dalam kepemimpinannya. Penelitian ini dilakukan di SDN 209/III Masgo Jaya Kecamatan Gunung Raya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan cara data yang terkumpul akan dianalisis, adapun proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu motode observasi, dokumentasi, dan wawancara guna melengkapi data penelitian.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat dua gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah yaitu gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan situasional. Hal ini dapat dilihat dari kepala sekolah yang melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, kepemimpinan yang berpusat dari kontribusi bawahan, pemimpin juga meminta saran dan pendapat kepada bawahan, pemimpin yang sangat percaya kepada bawahan dalam pengambilan keputusan, serta pemimpin yang mempunyai kemampuan berkomunikasi dua arah. Dengan begitu diharapkan  kepala sekolah dapat memimpin sekolah dengan lebih baik lagi. Dengan begitu diharapkan bagi kepala sekolah untuk menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan warga sekolah terutama guru sebab guru sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badu, S. Q., Djafri, N. (2017). Kepemimpinan & Perilaku Organisasi. Gorontalo: Ideas Publishing.

Bahruddin, E. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 4(01), 102. https://doi.org/10.24127/att.v4i01.1205

Budio, S, Abdurrahim, M. A. (2020). Persepsi Kepala Sekolah terhadap Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah. Jurnal Menata, 3(2), 112–131.

Creswell, J. W. (2016). Reserch Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Iskandar, J. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah. Jurnal Idaarah, I(1), 89–95.

Juliantoro, M. (2017). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Hikmah, 5(2), 24–38. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88

Jannah, M., Suwardi., & Iriyanto., S. (2004). Analisis Kepemimpinan Islam terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Bank Mumalat Indonesia Tbk, Cabang Semarang). 62, 793–802. https://synapse.koreamed.org/Synapse/Data/PDFData/1006JKAN/jkan-37-44.pdf

Muhani., Imron, A., & Kusmintardjo. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Di Daerah Terpencil (Studi Multi Kasus Di Sdn 2 Bakalan dan Sdn 2 Kepyar Purwantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1464–1472. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6616

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, Kemdikbud 1(2018).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Kriteria Daerah Khusus Dalam Rangka Pemberian Tunjangan Khusus Bagi Guru Yang Bertugas di Daerah Khusus, 4 (2015).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, 7 (2007).

Purnomo, E., & Saragih, H. J. R. (2016). Teori Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta Selatan: Yayasan Nusantara Bangun Jaya.

Purwanto, N. A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan (1 ed.). Yogyakarta: Interlude.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Samsu. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (Pusaka) Jambi.

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 57–74. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Tristina, D. N., Widagdi, S. (2019). Kepemimpinan Dan Kinerja Seri Praktis Peningkatan Kinerja Guru. http://repo.stie-mandala.ac.id/191/2/daftar isi.pdf

Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo., A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(8), 524–535. https://doi.org/10.15294/active.v2i8.1792

Yuliana, M., Widayati, I. A. (2018). Analisis Karakteristik Pemimpin Yang Dikagumi Oleh Bawahan. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi (JIABI), 2(1), 208–217. https://doi.org/10.25139/jai.v2i1.1152

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1 (2003).

CROSSMARK
Published
2024-05-26
DIMENSIONS
How to Cite
Putri, A. M., Samin, S., & Zebua, A. M. (2024). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Daerah Terpencil (Studi Kasus di SD Negeri 209/III Masgo Jaya). Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 122–134. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i1.2943