Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis

Abstract

Learning equipment is important things that determine the quality of the learning process and output. We need a study about validity, practicality, and effectiveness of the learning equipment to ensure teaching and learning quality. The purpose of this research is to evaluate the validity of the learning equipment based on guided discovery, especially the students’ worksheets. This research was a descriptive qualitative research that provides the result of students’ worksheets and experts recommendation. The experts who validated these student’s worksheets were three experts on mathematics education. The instruments used in this study was the validation sheets for LKPD. The result of validation sheets analysis for LKPD showed that in general, the students’ worksheets were valid. The validity of the didactical aspect and contents aspect sequently were 0,667 dan 0,704.
 

References

Azwar, Syaifudin. 2013. Validitas dan Reliablitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bani, Asmar. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Peserta didik Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Bandung: UPI (tidak diterbitkan)
Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar. Disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Terapan Universitas Almuslim, hal. 29-38.
Markaban. 2006. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yokyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika (PPPPTK)
Plomp, Tjeerd dan Neinke Nieveen. 2013. Educational Design Research, Part A: An Introduction. Enchede: SLO
Praswoto, Andi. (2010). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press
Rochmawati, Ely. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta didik Berorientasi Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Untuk SMA Kelas X pada Materi Fungi. BioEdu, 2(1), 48-50
Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7-21
Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelejaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Tersedia di http://math.sps.upi.edu/wp-content/uploads/2010/02/BERPIKIR-DAN-DISPOSISI-MATEMATIK-SPS-2010.pdf
Walpole, Ronald E. 1992. Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Published
2018-12-14
How to Cite
PUTRA, Aan; SYARIFUDDIN, Hendra; ZULFAH, Zulfah. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 56-62, dec. 2018. ISSN 2620-8911. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/302>. Date accessed: 19 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.302.
Section
Artikel